Tantangan, Manfaat, dan Keunggulan: Kisah Mahasiswa TBIN B Membedah Skripsi dalam Mata Kuliah Keterampilan Membaca
- Diposting Oleh BINAR TBIN
- Jumat, 21 November 2025
- Dilihat 68 Kali
UIN Madura, BINAR PERS - Mata kuliah Keterampilan Membaca di Semester 3 menghadirkan pengalaman unik melalui materi "Membaca untuk Kepentingan Studi.” Mahasiswa tidak hanya disuguhi teori, tetapi ditantang untuk melakukan praktik langsung melalui membaca dan mereview skripsi lalu memetakannya dalam bentuk peta konsep. Kegiatan ini diselanggarakan pada tanggal (20/11/25) yang dilaksanakan di perpustakaan UIN Madura. Jelajah intelektual ini menghadirkan serangkaian tantangan, yang justru berbuah manfaat dan keunggulan dalam metodologi yang dirasakan mahasiswa.
Tantangan awal mulai mengahadang mulai dari kompleksitas hingga kebingungan yang terjadi di awal kegiatan. Bagi sebagian besar mahasiswa, ini adalah kali pertama mereka berinteraksi secara mendalam dengan sebuah skripsi.
“Tantangan terbesarnya adalah memahami bahasa akademis dan metodologi penelitian yang digunakan,” ungkap Uswa. Tantangan lain adalah mengonversi teks yang panjang dan kompleks menjadi visual diagram yang ringkas dan logis. Proses ini membutuhkan tingkat analisis yang lebih tinggi daripada sekadar merangkum.
Uswa juga mengungkapkan bahwasanya, “Saya juga memperoleh manfaat selama kegiatan tersebut, serta jadi terlatih untuk membedah sebuah argumen besar menjadi komponen-komponen kecil." Dapat dilihat justru dari tantangan itulah manfaat terbesar muncul. Setelah melalui proses tersebut, mahasiswa menyadari dan merasakan adanya perkembangan signifikan.
Sebuah perjalanan akademik yang berharga. Aktivitas yang awalnya dianggap menakutkan ini, pada akhirnya dinilai sebagai salah satu latihan akademik paling berharga. Meski penuh tantangan, proses ini berhasil membekali mahasiswa dengan kerangka berpikir, keterampilan analitis, dan kepercayaan diri yang merupakan fondasi kuat untuk menghadapi tahun-tahun perkuliahan selanjutnya, terutama dalam penyusunan skripsi. (Binar)