Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

(0324) 322551

Email

tbin@iainmadura.ac.id

Gali Metode Baru, Mahasiswa TBIN A Pacu Kemandirian Akademik Mahasiswa Lewat Analisis Skripsi pada Pembelajaran Keterampilan Membaca

  • Diposting Oleh BINAR TBIN
  • Kamis, 20 November 2025
  • Dilihat 66 Kali
Bagikan ke

UIN Madura, BINAR PERS - Dalam upaya membekali mahasiswa dengan kemampuan membaca yang efektif untuk kepentingan akademik, mata kuliah Keterampilan Membaca pada mahasiswa Semester 3 menyajikan materi praktis yang langsung menyentuh kebutuhan studi di bidang tersebut. Materi bertajuk "Membaca untuk Kepentingan Studi" ini mengajak para mahasiswa untuk tidak sekadar membaca, tetapi juga menganalisis dan memetakan pemikiran dari sebuah karya ilmiah. Kegiatan ini berlangsung di perpustakaan UIN Madura pada tanggal (20/11/25) pukul 07:00 WIB. 

Sebagai wujud praktik nyata, para mahasiswa diajak untuk menyelami langsung contoh karya tulis ilmiah yang sesungguhnya, yaitu skripsi. Tidak berhenti pada tahap membaca, mereka ditantang untuk membuat sebuah review yang dituangkan dalam bentuk peta konsep (concept map).

Aktivitas ini dirancang untuk melatih mahasiswa semester 3 kelas A dalam mengidentifikasi struktur pemikiran, meringkas dan menyaring intisari. Liana selaku dosen pengampu mata kuliah Keterampilan Membaca menjelaskan bahwa pendekatan ini dipilih untuk membuat proses membaca menjadi lebih aktif, kritis, dan aplikatif.

"Melalui peta konsep, mahasiswa tidak hanya menjadi pembaca pasif. Mereka menjadi detektif yang melacak jejak pemikiran penulis skripsi, lalu memvisualisasikannya dalam bentuk yang mudah dipahami. Ini adalah keterampilan dasar yang sangat penting untuk menyongsong perkuliahan yang lebih kompleks," ujarnya. 

Kegiatan ini mendapat respons positif dari para peserta. Seorang mahasiswa bernama Anni mengungkapkan, "Selama kegiatan saya mendapatkan pengetahuan baru kalau skripsi itu beragam dan tidak sesulit yang dibayangkan.” Dengan adanya praktik langsung ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya mampu membaca untuk memahami, tetapi juga dapat mengkritisi dan membangun kerangka berpikir ilmiah yang akan menjadi bekal berharga sepanjang perjalanan akademik mereka. (Binar)